PERBEDAAN E-COMMERCE DAN
E-BUSINESS
Internet telah membuat interaksi bisnis
menjadi multi-aspek. Sekarang orang bisa melakukan bisnis, seperti membeli
sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi bisnis melalui internet.
Konsumen dan pemilik/pengelola bisnis dapat mendapatkan dan melakukan apa yang
mereka inginkan tanpa harus meninggalkan beranjak dari tempat duduk, selama
terhubung dengan internet.
Istilah e-business dan e-commerce seringkali
terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun
berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti
“elektronik”, yang berartikegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa
pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau
digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi
digital.
E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat
melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada
dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing
over) kepemilikan dan hak atas
produk atau jasa.
Secara teknis, e-commerce hanya
merupakan bagian dari e-businesskarena, menurut definisi, e-business adalah
semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung
kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan
pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat
juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya
terbatas pada sumber daya teknologi.
E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi.E-business,
karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary).
Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen
pemasokan, dsb., tercakup
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian
layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi,
tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan
dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
Ringkasan:
1. E-business lebih
luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu
aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya
mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui
internet.
3. E-commerce pada
prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business,
transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan
pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar